Saat ini Anda Pengunjung Ke

Minggu, 11 Maret 2012

Latihan Dance Ala Girlband Korea SNSD

Suka melihat penampilan SNSD atau Girls' Generation di atas panggung? Girlgroup yang satu ini memang satu kesatuan yang komplit. Wajah yang cantik, bisa nyanyi dan tentunya bisa menari. Tapi masa sih semuanya bisa menari dengan bagus gitu? Kita juga bisa nggak ya? Yuk, kita lihat rahasia dibalik koreografi dance SNSD.

Siapa sih yang nggak tahu "GEE"? Lagu ini menjadi lagu yang tak terlupakan deh buat SNSD. Karena berkat lagu ini, nama SNSD melambung tinggi hingga sekarang. SNSD dan "Gee" tak terpisahkan deh. Kalau inget lagunya, pasti juga inget tariannya yang khas. Seperti contohnya ini 

Gerakan di atas disebut dengan "Crab Leg Dance". Mengapa? Karena dengan posisi kaki yang membuka menutup itu mereka bergerak menyamping. Persis seperti cara kepiting berjalan. Lalu gerakan kedua, tentu saja gerakan ini 
Kalau temen-temen liat di video klipnya nih, tangan mereka, menuliskan huruf G loh di gerakan tersebut. Cocok deh G untuk Gee dan Girls' Generation. 

Sssstt, gerakan di atas ini, nggak banyak orang yang tahu. Gerakan di atas itu seperti mencium pergelangan tangan. Sama seperti liriknya "Oh jouen hyanggee" atau yang berarti "Oh aroma yang menyenangkan ini". Nah, pas sama liriknya, biasanya kan orang menyemprotkan parfum di pergelangan tangan. Jadi gerakan mereka sama seperti mencium parfum yang ada di pergelangan tangan. Hahahaha, keren ya, bisa pas gitu.
Jika berbicara tentang dance, tentu saja tak terlupakan lagu "Genie" atau "Sowoneul Malhaebwa". Dengan menggunakan konsep Army Look, SNSD tampil menggunakan hot pants dan nuansa Army. Tariannya? Jangan ditanya lagi. Berkat lagu ini, SNSD menjadi semakin terkenal, terutama di kalangan militer.

Pasti pada awalnya bingung deh, kenapa juga army look mesti pake hot pants sih? Tapi setelah liat potongan gambar di atas, nggak bingung kan? Ya, untuk lagu genie ini, SNSD menampilkan kaki mereka yang jenjang dan bagus. Didukung dengan tarian seperti menendang-nendang tersebut, jadinya SNSD terlihat tetap elegan dan semakin powerful. Sedikit rahasia nih, karena SNSD selalu bersemangat dalam setiap penampilan mereka, pada bagian-bagian yang sama seperti di atas, sepatu mereka sering terlepas loh. Bahkan suatu kali, Hyoyeon terlihat menggunakan selotip agar sepatunya tidak terlepas dari kakinya.

Kalau dijelaskan satu persatu semua gerakan di tarian genie ini, susah deh. Sansuyu kagum banget soalnya sama gerakannya yang menurut Sansuyu sulit. Tetapi SNSD tetap menarikannya dengan powerful dan kompak.

Oh ya, di tarian genie ini, Yuri sebenarnya malu melakukan gerakan di atas. Katanya, gerakan tersebut jika dilakukan bersembilan ini seperti fitness. Hahahaha. Iya sih, tapi tetep cantik tuh.
Lagu berikutnya adalah "Oh!". Video klip kedua yang paling banyak ditonton di youtube ini, selain memang memiliki lagu yang sangat disukai masyarakat korea (dan dunia), koreonya juga sangat mudah diingat. Dengan konsep Cheerleader, kesembilan personil SNSD menyatakan cintanya kepada pria yang disayang dengan malu-malu. Selain dari lirik, dari koreonya juga kelihatan loh. Ini contohnya.
Gerakan ini, adalah gerakan seperti memuntir rambut gitu. Dan liriknya adalah "Oh, oh, oh, oh, Oppareul Saranghae" yang artinya, aku mencintaimu oppa (pria yang lebih tua). Memang pada lagu "Oh!" ini, SNSD digambarkan sebagai wanita muda yang jatuh cinta kepada seorang pria, dan dengan malu-malu SNSD mengungkapkan isi hatinya.

Lalu gerakan yang kedua adalah "Cow Herding Dance" atau tarian penggiring sapi. Hahahahaha, ada-ada aja nih namanya. Tapi memang benar, kesembilan member SNSD ini membentuk formasi mengelilingi Jessica, lalu semuanya maju ke depan dengan memutar tangannya seperti sedang menggiring sapi.
"Hoot", lagu comeback-nya SNSD setelah cukup lama pergi merantau ke Jepang ini, langsung menjadi hits di Korea sana. Siapa yang tidak menyenangi lagu ini? Apalagi tariannya yang memiliki keunikan seperti ini. 
Tetap dengan hot pantsnya, disertai dengan boots selutut, SNSD tampil tetap memukau. Gerakan di atas ini tebak hayo ceritanya mereka jadi cewek yang gimana? Tangan di pinggang, sambil berjalan ke depan, yak! Tepat sekali! Bagian ini disebut dengan "Cold City Girl Dance". Karena dengan tangan di pinggang, kepala sedikit mendongak dan berjalan dengan mantap, mereka seperti wanita yang angkuh dan berkuasa. Wah,iya sih, mereka terlihat lebih berkarisma gitu.

Yang kedua, bukan lagu "Hoot" namanya kalau nggak ada gerakan memanah di koreonya. Liriknya aja udah "Shoot Shoot Shoot" gitu kan. 
Lagu berikutnya, nah, yang ini lagu Jepang nih "Mr. Taxi". Baru aja dikeluarin versi Korea-nya sih tapi. Dengan kostum hitam kuning seperti warna taksi, tarian kaya gimana nih yang dibawakan SNSD?
Kalo lagu dan kostumnya udah Mr. Taxi banget nih, tentu saja koreonya juga gitu dong. Lihat deh di gambar. Mereka kaya lagi nyetir gitu kan. Ditambah setiap kali belok, pantatnya juga ikut goyang. Jujur, waktu pertama kali denger lagunya, Sansuyu sama sekali nggak suka. Tapi setelah keluar video klipnya, nonton video yang durasinya kurang lebih 3:37 ini, Sansuyu bener-bener terpukau. Saking kerennya, Sansuyu sampe nonton video klipnya mulu deh selama seminggu itu.

Kalo gerakan memutar-mutar tangan yang satu ini, Hyoyeon bilang, ini tuh sebenarnya gerakan menghipnotis yang nonton, biar jadi SONE semua. Hyoyeon, sepertinya kali ini kamu benar, makin banyak yang terhipnotis tuh dan jadi SONE.
Nah, sampai di lagu terbaru "The Boys". Dengan tarian yang powerful, sebenernya menyimpan banyak rahasia loh. Eh, tapi ini menurut pengamatan Sansuyu aja. Boleh loh kalo mau dikomen atau dikritik. Yuk, sama-sama kita bongkar rahasianya.
Bagian yang ini, tentu tahu dong dan bisa menirukannya ya. Tapi tau nggak sih, kalo diperhatikan secara terperinci dan agak sedikit lebay, tangannya bentuk huruf G loh. Nih ya,diperjelas 
Tuh, bisa gitu kan? Menyerupai huruf kapital G gitu. Nggak nyangka kaaaannn??
Terus yang nggak kamu sangka lagi nih. Bagian ketika "Girls bring the boys out, I wanna dance right now" yang mereka semua jongkok di bawah kaya gini nih
Percaya nggak percaya nih, itu membentuk diamond loh. Diamond seperti yang ada di video klipnya, atau seperti tempat munculnya SNSD di konser sebelum nyanyi "Genie". Nih deh, dikasih yang diperjelas.
Wuaaaahhh. Nggak nyangka ya. Ternyata tariannya ini bukan sekedar tarian yang powerful dan enak dilihat. Tapi juga ada artinya.
Hebatnya nih ya, 4 dari 6 koreografi di atas, itu dibuat oleh satu cewek Jepang yang sama loh. Rino Nakasone-lah orang yang bertangan dingin membuat 4 tarian untuk SNSD itu. Nih, dilihat sendiri ketika Rino Nakasone sedang memberi contoh kepada orang-orang yang mau latihan "Genie"
Keren banget ya Rino!! Selain menjadi koreografer lagu "Genie", "Hoot", "Mr. Taxi" dan "The Boys", Rino Nakasone juga menjadi koreografer lagu SHINee yang berjudul "Replay", "Lucifer", "Love Like Oxygen" dan f(x) "Nu ABO", "Pinocchio" dan Super Junior "No Other"
Wuaaahhh, keren banget ya Rino Nakasone. Hampir seluruh lagu yang dia pegang, tariannya jadi mudah diingat, dan tetap powerful. Salut buat Rino Nakasone, dan salut juga buat artis-artis yang udah dilatih sama dia.
Buat kamu-kamu yang mau latihan biar bisa lihai jogetnya, hmm, banyak-banyak latihan yaaaa.
Hwaiting!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar